Thursday, April 3, 2014

OMDO

         Anda akan setuju bila seseorang yang biasa banyak bicara ini dan itu tapi tidak melakukan apa-apa kita sebut sebagai OMDO (omong doang) atau pecundang. Karena apa yang dia bicarakan tidak sesuai dengan apa yang ada dilapangan dan dia sendiri tidak melakukan apa-apa yang dia bicarakan. Mungkin akan lebih baik bila seseorang tidak banyak bicara tapi mempunyai karya yang dapat dibuktikan orang meskipun tidak banyak.
         OMDO banyak dilakukan orang-orang dalam era sekarang ini. Terutama yang mempunyai karakter pemalas tetapi maunya semua keinginannya dapat terwujud secara instan tanpa dia harus bekerja keras. Dan biasanya tidak mau menanggung resiko apapun.
         Seorang yang OMDO kalo dia seorang pegawai atau karyawan,biasanya dilingkungan kerja tidak mempunyai etos kerja yang baik dan minim inovasi. Yang menonjol hanya tuntutan haknya saja tetapi melalaikan kewajibannya. Namun kelebihannya orang-orang OMDO ini mempunyai kemampuan dapat mempengaruhi orang-orang lain karena kepiawaiannya dalam bicara. Tentunya orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama pula.
     Dalam Islam, mengajarkan sikap menerima atas nasib dan bersikap sabar atas penderitaan yang dilandasi keikhlasan dalam menjalaninya. Namun demikian,bukan dimaksud hanya berpangku tangan dan pasrah pada nasib saja.  Islam justru sebaliknya menganjurkan pada umatnya untuk selalu bekerja keras untuk mengubah nasib dan bangkit dari keterpurukan. Hal ini dipertegas dalam Alqur’an ; ”Aku (Allah) tidak akan mengubah nasib seorang kaum bila kaum itu sendiri tidak mau mengubah nasibnya sendiri”  Hal ini memperjelas bahwa seorang muslim harus memiliki etos kerja yang baik dan bukan seorang yang pemalas dan OMDO.
            Dalam Islam seorang yang OMDO lebih diidentikan pada seorang yang munafik. Dan orang yang munafik dalam Alqur’an di ancam dimasukan dalam Neraka Jahanam (Na’uzubillah). Oleh karena itu jadilah seorang muslim yang baik,yang menyeimbangkan antara perkataan dan perbuatannya. Muslim yang baik bukanlah seorang yang pemalas tetapi memiliki etos kerja yang tinggi,bukan hanya pandai bicara saja tetapi mampu melakukan dan memberikan tauladan sesuai perkataannya. 

No comments:

Post a Comment

Komunikasi Intra Personal

Dari semua pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, pengetahuan dan keterampilan yang menyangkut komunikasi termasuk di antara yang...