Saturday, March 25, 2017

Kedahsyatan Teknologi 5G

Hampir setiap orang tentu ingin segala sesuatunya berjalan serba cepat, tanpa menunggu. Demikian juga soal kualitas jaringan Internet.
Layanan 4G baru diperkenalkan pada akhir Desember 2014. Meski tengah diratakan penyebarannya layanan 4G di berbagai daerah, tetapi pemerintah Indonesia telah menyiapkan penerapan 5G.
Kita berharap kecepatan Internet yang lebih ngebut dan lebih stabil, serta harga paket lebih murah namun dengan jatah kuota yang lebih besar.
Teknologi 5G menawarkan berbagai fitur, yang bermanfaat bagi semua kelompok orang termasuk mahasiswa, profesional (dokter, insinyur, guru, pemerintahan, badan-badan administratif, dan lain-lain) dan bahkan untuk orang biasa.
5 Fakta Mencengangkan Seputar Jaringan 5G
Teknologi nirkabel generasi kelima ini sudah tentu menawarkan berbagai keunggulan. Gambaran tentang teknologi 5G, berikut 5 fakta mencengangkan seputar jaringan 5G yang dilansir dari Lifehacker.
1. 20x Lebih Cepat dari 4G
Teknologi jaringan generasi kelima ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan akses Internet 20 kali lebih cepat dibanding kecepatan 4G yang saat ini bisa menyediakan kecepatan hingga 1 Gbps. Artinya, mengunduh film UltraHD hanya dalam hitungan detik. Dahsyat kan?.
2. Kemungkinan Besar Tak Ada Lagi Gangguan Jaringan
Di era jaringan 3G atau 4G, kita masih sering mengalami yang namanya gangguan sinyal. Ya, jaringan 3G dan 4G biasanya menjadi lemot saat digunakan di tempat yang ramai. Gangguan masalah-masalah yang kita hadapi saat ini kemungkinan besar tidak akan terjadi lagi pada jaringan 5G.
3. Mendukung Kemajuan Teknologi
Hadirnya jaringan 5G tentu semakin mendukung perkembangan teknologi lain. Teknologi maju seperti kendaraan mandiri sangat diuntungkan berkat lahirnya jaringan 5G.
4. Latensi Semakin Kecil
Latensi adalah jumlah waktu yang diperlukan agar permintaan data diterima dan dibalas ketika kita mengklik sebuah aplikasi. Pada jaringan 5G maksimal hanya 1 milidetik, bandingkan dengan 10 milidetik pada jaringan 4G.
5. Bisa Dinikmati Tahun 2020
Sejumlah negara bersiap menyongsong koneksi 5G. Termasuk Indonesia juga ikut bermigrasi ke jaringan generasi kelima itu.
Bila melihat tahapannya, setelah menerapkan 4G, selanjutnya akan mengadopsi 5G. Migrasi ke 3G memang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun semakin cepat saat ke 4G. Begitu pula dengan 5G, tentu akan lebih cepat lagi.
Menurut prediksi pengamat, tidak butuh lama bagi kita untuk dapat mencicipi koneksi 5G di Tanah Air. Pengadopsiannya bakal lebih cepat ketimbang dua jaringan sebelumnya. Standarisasi 3GPP release 16 kemungkinan akan keluar 2018. Di Indonesia mungkin setelah 2020.
Kelebihan dan Kekurangan Teknologi 5 G
Kelebihan Teknologi 5G
-                     1.   Resolusi tinggi dan bentuk bandwidth yang besar dan bidirectional.
2.   Teknologi untuk mengumpulkan semua jaringan pada satu platform.
Lebih efektif dan efisien.
3.   Teknologi untuk memfasilitasi alat pengawasan pelanggan untuk tindakan yang cepat.
4.   Kemungkinan besar, akan memberikan data penyiaran yang besar (dalam Gigabit), yang akan mendukung lebih dari 60.000 sambungan.
5.   Mudah dikelola dengan generasi sebelumnya.
6.   Teknologi suara untuk mendukung layanan heterogen (termasuk jaringan pribadi).
      7.   Mungkin untuk menyediakan seragam, tanpa gangguan, dan konektivitas yang konsisten di seluruh dunia.
Beberapa keuntungan lain untuk khalayak umum
-          1.   Layanan paralel multiple, seperti Anda dapat mengetahui cuaca dan lokasi saat berbicara dengan orang lain.
2.   Anda dapat mengontrol PC Anda lewat smartphone.
3.   Proses belajar mengajar akan lebih mudah – Murid yang berada di belahan bumi lain dapat mengikuti pelajaran.
4.   Pengobatan akan menjadi lebih mudah dan hemat – Dokter dapat mengobati pasien yang berada di tempat terpencil di dunia.
5.   Monitoring akan lebih mudah – Organisasi pemerintah dapat memonitor setiap bagian dari dunia. Memungkinkan untuk mengurangi tingkat kejahatan.
6.   Memvisualisasikan alam semesta, galaksi, dan planet-planet akan menjadi mungkin.
7.   Memungkinkan untuk menemukan dan mencari orang yang hilang.
     8.   Memungkinkan mendeteksi bencana alam termasuk tsunami, gempa bumi dan lain-lain lebih cepat.
Kekurangan Teknologi 5G
Ibarat dua mata pisau, teknologi memiliki tak hanya kelebihan tetapi juga kekurangan. Nah, teknologi 5G termasuk diantaranya. Meskipun teknologi ini diteliti dan dikonsep untuk menyelesaikan semua masalah sinyal radio dan kesulitan dunia mobile, namun karena beberapa alasan keamanan dan kurangnya kemajuan teknologi di sebagian besar wilayah geografis, teknologi ini juga tak lepas dari kekurangan. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya:
-                     1.   Teknologi ini masih dalam proses dan penelitian.
2.  Kecepatan yang dijanjikan teknologi terasa sulit untuk dicapai (di masa depan, mungkin) karena masih kurangnya dukungan teknologi di sebagian besar belahan dunia.
3.   Banyak dari perangkat lama tidak akan kompeten untuk 5G, karena semuanya perlu diganti dengan yang baru – sesuatu yang tidak murah.
4.   Mengembangkan infrastruktur membutuhkan biaya tinggi.
     5.   Keamanan dan masalah privasi belum diselesaikan.

No comments:

Post a Comment

Komunikasi Intra Personal

Dari semua pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, pengetahuan dan keterampilan yang menyangkut komunikasi termasuk di antara yang...